Taman Nasional Bunaken

Pulau Sulawesi terkenal dengan keindahan laut merupakan salah satu Taman Nasional Bunaken terletak di Sulawesi Utara dan berjarak ± 8 km dari daratan Kota Manado. Lokasinya cukup strategis untuk membuatnya mudah untuk taman dikunjungi oleh wisatawan baik dari domestik maupun dari luar negeri.Taman Nasional Bunaken merupakan satu-satu tujuan rekreasi bagi wisatawan diminati wisatawan domestik dan asing yang cukup.

Kegiatan yang dapat dilakukan di Taman Nasional Laut Bunaken adalah seperti berjemur di pantai, berenang di laut, menyelam (diving), snorkeling, menjelajahi hutan di sekitar Taman Laut pantai.Secara keseluruhan Taman Nasional memiliki luas wilayah 75.265 hektar di yang terdapat lima pulau, yaitu Pulau Bunaken, Pulau Manado Tua, Pulau Siladen, Pulau Mantehage bersama dengan beberapa pulau dan anak terakhir Pulau Naen. Meskipun hal ini Taman laut ini memiliki lima pulau yang berdekatan, hanya yang paling terkenal Bunaken Island sebagai tempat menyelam.

Kawasan Park pada tahun 1991 sebagai taman laut nasional yang diresmikan oleh Menteri Kelautan dan berfungsi sebagai objek wisata bahari dan pendidikan serta melihat potensi kegiatan ekologi alam dan konservasi laut daerah ini. Selain kegiatan wisata, taman laut yang sangat baik untuk pengembangan pengetahuan pendidikan orang dewasa dan anak-anak tentang sumber daya alam dan laut.

Taman Nasional Laut Bunaken adalah salah satu taman laut paling indah di dunia, terkenal dengan formasi karang yang sangat indah dan luas. taman laut merupakan habitat lebih dari 3000 jenis ikan yang perlu dijaga dari kepunahan, seperti lolosi ikan ekor kuning (Lutjanus kasmira), kuda ikan gusumi (hippocampus kuda), goropa (spilotoceps ephinephelus), OCI putih (seriola rivoliana ) dan banyak orang lain juga memiliki keragaman spesies langka organisme air seperti lumba-lumba, sapi laut, dugong-dugong dan juga memiliki berbagai jenis ikan hias yang sangat indah.

Taman Nasional Bunaken memiliki wilayah yang cukup besar untuk melakukan penyelaman, meskipun masih terbatas hanya lokasi penyelaman di sekitar pantai yang mengelilingi kelima pulau, hal ini dilakukan untuk keselamatan pengunjung dan untuk memfasilitasi petugas dalam mengawasi para pengunjung pantai.
Pengunjung dapat menyelam dan menyaksikan ikan tropis dan terumbu karang yang menakjubkan dan indah sehingga pengunjung dijamin akan kagum melihat dan tidak dapat melupakannya.
Untuk diving, Taman Laut Taman Nasional merupakan salah menyelam 10 tempat di dunia yang paling populer.
Ada 20 poin dimana menyelam (dive spot) dengan kedalaman bervariasi hingga 1.344 meter di wilayah taman laut ini. Dari 20 poin menyelam, 12 poin di antaranya di sekitar Pulau Bunaken dan paling sering dikunjungi oleh penyelam dan wisatawan.
Marine fenomena alam yang ada di TN Bunaken adalah unik dan hampir pasti tidak akan ditemukan di taman laut lainnya. Taman laut ini memiliki keunikkan sebuah dinding karang raksasa yang berdiri vertikal dan melengkung ke atas atau disebut tembok besar air atau dinding gantung. dinding Rock adalah juga sumber mana makanan bagi ikan di perairan sekitar Pulau Bunaken.






Akses ke Taman Laut Nasional Bunaken
Untuk mengunjungi taman ini, pengunjung dapat menggunakan perahu motor sewaan berangkat dari pantai di kota teluk Manado terhadap taman laut.

Fasilitas Tersedia
Sekitar lokasi hotel yang tersedia, resort, homestay, kolam renang, restoran, kantor pos, menara, gerbang, speed boat.
Ada juga peralatan menyelam sewa bersama dengan instruktur.

Waktu Terbaik Untuk Kunjungi Taman Nasional Bunaken
Musim terbaik untuk mengunjungi Taman Laut Taman Nasional Mei.-Agust.

Yang Dibawa Persediaan Wajib
Dalam kondisi tertentu diperlukan untuk melindungi diri dari angin laut, perlu untuk membawa baju hangat atau jaket, tutup kepala, syal untuk penghangat leher.

Harus Perhatian
Ada baiknya ketika mereka mengunjungi Taman Laut Taman Nasional dalam kondisi kesehatan keadaan prima.



0 Responses

Poskan Komentar